SELAMAT DATANG DI KMW 1 RIAU SILAHKAN FOLLOW TWITTER KAMI @kmw1riau
SILAHKAN KUNJUNGI JUGA TOKO ONLINE KAMI pdua-cafe

Rabu, 11 Agustus 2010

SOSIALISASI PROGRAM PENTASKIN TAHUN 2010 KOTA PEKANBARU

Tahun 2010 merupakan tahun ke-2 wujud apresiatif Pemerintah Kota Pekanbaru dalam menggulirkan kebijakan kemitraan Program Pentaskin dan LKM atas Peraturan Walikota No.37 Tahun 2009 dalam mendukung dan mendorong masyarakat dalam hal ini LKM-LKM di 58 kelurahan yang sudah terbentuk melalui PNPM Mandiri membentuk karakter LKM yang mandiri, kreasi dan inovasi atas perencanaan PJM Pronangkis kelurahan. Landasan bergulirnya kembali Program Pentaskin 2010 merupakan wujud kepecayaan pemerintah kota terhadap 9 LKM yang sudah mendapatkan Program Pentaskin di 2009 terutama menggeliatnya kekuatan lokal yang terwujud dalam bentuk gotong royong masyarakat yang telah didorong oleh PNPM Mandiri Perkotaan.
Atas dasar itu tahun 2010 Program Pentaskin kembali digulir yang akan diperebutkan 49 kelurahan dan 4 kelurahan terbaik dari 9 kelurahan yang telah melaksanakan program di tahun 2009 yang disosialisasikan kepada seluruh Camat, Lurah, Tokoh Masyarakat dan LKM di 58 kelurahan pada tanggal 15 Juni 2010 bertempat di ruang pertemuan Pemkot Pekanbaru.
Dalam sambutan pembukaan sosialisasi Walikota Pekanbaru (Bapak Drs. Herman Abdulah, MM) menyatakan “Pemerintah kota sangat apresiatif terhadap PNPM Mandiri Perkotaan yang terus konsisten mendorongnya gotong royong masyarakat dalam pembangunan. Pencitraan itu yang sangat kami inginkan, mengingat kami sangat terbantu sekali dimana dengan gotong royong pekerjaan yang berat bisa teratasi, contoh masyarakat menghibahkan tanah ataupun penggeseran tanah dengan sukarela dan itu menjadi modal yang sangat kuat sebagai perekat. Sebagai wujud kami akan terus berupaya mendoorong keadaan ini supaya berjalan dan salah satunya melalui Program Pentaskin”.
Dalam paparannya Sekretaris Kota Pekanbaru (Bapak Ir.H. Yusman Amin, M.Eng,Sc) yang merupakan Koordinator KBP Kota Pekanbaru menyatakan : “Program Pentaskin tidak jauh beda dengan PNPM Mandiri, karena program ini mengadopsi PNPM Mandiri yang sudah terbukti menjadi perekat masyarakat. Bedanya nilai bantuan lebih besar seperti 1 LKM mendapat ; 33 orang miskin di PS2 mendapat ekonomi bergulir 5 juta/perorang, pelatihan sebanyak 46 orang dan 1 unit rumah layak huni”.
Program Pentaskin Tahun 2010 secara nominatif bantuan per-kelurahan berkurang dimana tahun 2009 setiap LKM mendapat 350 juta/kelurahan dan tahun ini hanya 275 juta/kelurahan dengan dasar kebijakan pemkot ingin lebih banyak LKM yang mendapatkan, tahun 2009 hanya 9 LKM dan tahun 2010 menjadi 27 LKM dan 4 LKM terbaik dari 9 LKM yang mendapat program di tahun 2009. Program Pentaskin tahun 2010 merupakan reward bagi LKM yang baik dalam pelaksanaan PNPM Mandiri Perkotaan maupun Program Pentaskin bagi LKM yang sudah mendapatkan melalui proses penilaiaan oleh tim yang dibentuk pemkot.
Adapun kriteria penilaian mendapatkan Program Pentaskin tahun 2010 adalah sebagai berikut :
  1. Nilai Pemberdayaan, prosentase penilaian 25 % yang meliputi : Rembug/Musyawarah : 5%, Pemahaman ciri dan kriteria kemiskinan : 5%, Swadaya Masyarakat : 5%, Keberadaan KSM yang bagus : 5% dan PJM Pronangkis : 5%.
  2. Nilai Perubahan Sikap dan Prilaku, prosentase penilaian 75% yang meliputi : Gotong Royong : 25%, Nilai Swadaya Tinggi : 25% dan Pinjaman Bergulir : 25%.
Hasil penilaian LKM yang mendapatkan Program Pentaskin tahun 2010 akan diumumkan tanggal 17 Agustus dan penyerahan dana bulan September 2010 yang rencananya akan diberikan langsung oleh Walikota Pekanbaru.






Tidak ada komentar: