SELAMAT DATANG DI KMW 1 RIAU SILAHKAN FOLLOW TWITTER KAMI @kmw1riau
SILAHKAN KUNJUNGI JUGA TOKO ONLINE KAMI pdua-cafe

Rabu, 11 Agustus 2010

PELATIHAN BUDIDAYA JAMUR KELURAHAN KULIM

Meraih harapan dan mimpi bagian dari motivasi hidup melalui usaha mengembangkan kapasitas diri, pengaruh luar maupun internal diri salah satu indikasi seseorang untuk maju menghasilkan karya terbaik dalam upaya meningkatkan kesejahteraan baik keluarga maupun lingkungannya.
Hal ini juga terjadi atas prakarsa dan inisiatif Bapak Santoso yang sudah mempunyai usaha budidaya tanaman seperti buah naga dan jamur, tergerak untuk menyatukan masyarakat sekelilingnya yang kurang mampu untuk dibina supaya produktif. Ide dan gagasan tersebut didukung oleh PNPM Mandiri Perkotaan yang masuk di Kelurahan Kulim Kecamatan Tenayan Raya Kota Pekanbaru bisa direalisasikan melalui pemanfaatan BLM bidang sosial lahirlah KSM SEMANGAT BARU yang difasilitasi dan didukung penuh oleh BKM BERKAH.
Menurut inisitaor sekaligus instruktur kegiatan Pelatihan Budidaya Jamur (SANTOSO) menyatakan “Sebetulnya sudah lama kami punya ide dan gagasan menyatukan masyarakat yang tidak punya pekerjaan untuk menggeluti usaha dibidang tanaman yang menghasilkan, kebetulan PNPM Mandiri Perkotaan masuk ke kelurahan kami dan kami usulkan melalui PJM Pronangkis dan tidak lama kegiatan ini bisa direalisasikan”.
KSM SEMANAGAT BARU terdiri dari 5 orang juga sebagai penerima manfaat dimana sebelumnya masuk kategori warga tidak punya pekerjaan tetap atau ibu-ibu rumah tangga, “Berkat Bapak Santoso inilah kami dipersatukan lewat KSM yang dibina oleh PNPM Mandiri Perkotaan dengan bantuan anggaran dari PNPM Mandiri Perkotaan sebesar 17.000.000 dan swadaya 850.000 yang semuanya diperuntukan bagi pembuatan sarana pengembangan budidaya jamur”, menurut Ketua KSM (Herman).
Proses pemasaran jamur yang dihasilkan oleh KSM SEMANGAT BARU diprioritaskan masyarakat sekitar yang sudah mengetahui khasiat jamur dan beberapa pasar, menurut Ketua KSM “Pemasaran ke pasar memang bukan target utama kami, melainkan kami tetap ke masyarakat luas yang mengetahui khasiat jamur dan kami sangat kedodoran mengingat produksi kami terbatas dengan kemampuan yang dimiliki sekarang”.
Harapan kedepan atas berlangsungnya budidaya jamur ini menurut inisiator Bapak Santoso “Kalau memang PNPM Mandiri Perkotaan tetap memfasilitasi dan mendukung kami berkembang itu menjadi harapan kami semua disini dan keterlibatan pemerintah kota untuk membangun usaha kami yang lebih besar dan dukungan pemberitaan untuk penyebarluasan itu juga yang kami harapkan, sehingga produk kami dikenal banyak orang”.
Selain memproduksi jamur KSM yang sudah berjalan ini sudah mampu mebuat benih sendiri tidak ketergantungan kebutuhan yang harus distok dari Jawa dan juga menerima pesanan bibit F2 dalam mengembangkan budidaya tanaman yang produktif.

Koordinator BKM BERKAH : SLAMET (081378702721)
Ketua KSM SEMANGAT BARU : HERMAN (085271466769)
Sekretaris KSM SEMANGAT BARU : IRFAN (081365028100)





Tidak ada komentar: