SELAMAT DATANG DI KMW 1 RIAU SILAHKAN FOLLOW TWITTER KAMI @kmw1riau
SILAHKAN KUNJUNGI JUGA TOKO ONLINE KAMI pdua-cafe

Rabu, 11 Agustus 2010

PELATIHAN MASYARAKAT KECAMATAN LIMAPULUH DAN TENAYAN RAYA

Siklus PNPM Mandiri Perkotaan berjalan seiring dengan laju dan menggeliat program dimasyarakat, dan tentunya kondisi ini memberi warna perubahan terhadap lajunya pembangunan masyarakat yang diiringi dengan terbukanya kebebasan masyarakat berapresiatif partisipatif yang demokratis melalui kelembagaan kolektif (BKM/LKM) beserta perangkatnya yang terbentuk dan berapiliasi terhadap kepentingan masyarakat yang tertuang dalam PJM Pronangkis Kelurahan/desa.
Seiring dengan lajunya program yang terbentuk melalui intervensi program dari tidak berdaya, berdaya, mandiri dan madani mengiringi lajunya program disertai dengan peningkatan kapasitas pelaku program sesuai dengan intervensi tahun program. Menyadari relefansi intervensi dan kapasitas pelaku program, telah dilaksanakan kegiatan Pelatihan Masyarakat Madya di Kecamatan Lima Pulu dan Tenayan Raya yang dibuka pada tanggal 12 Juni 2010 bertempat di Gedung Maharatu Kota Pekanbaru.
Dalam sambutannya Koordinator Kota Pekanbaru (Rusmani Said, SE) : “Pelatihan Madya yang dilaksanakan ini merupakan bagian atas peningkatan kapasitas seluruh pelaku program baik Relawan, BKM/LKM dan UP-UP dalam mengantisipasi perkembangan program. Diamana tahun 2010 ini BLM sudah siap dan harus segera diserap serta Program Pentaskin akan segera digulir kembali yang akan dimitrakan dengan LKM/BKM disamping akan segera Lounching Pentaskin Sanitasi untuk menjawab seluruh permasalahan kesehatan lingkungan di Kota Pekanbaru. Untuk itu kami mengharapkan kesiapan seluruh pelaku dalam menghadapi lajunya berbagai tantangan dan target BLM yang harus segera terealisasi termasuk diantaranya kesiapan semua administrasi yang sudah harus selesai”.
Senada dengan sambutan diatas TA.Monev KMW 1 Riau yang mewakili Team Leader (Totok Priyanto, SE) menegaskan kembali : “Penting sekali diadalakannya pelatihan ini sekaligus untuk melihat sejauhmana kondisi real BKM/LKM pada saat ini dan memang sudah saatnya melalukan kinerja kelembagaan yang terukur untuk menjawab semua tantangan, mengingat Pemerintah Kota sangat apresiatif sekali terhadap PNPM Mandiri Perkotaan”.
Kegiatan pelatihan ini diikuti seluruh Relawan, BKM/LKM dan UP-UP kelurahan Kulim, Tangkerang Timur, Rejosari, Sail, Rintis, Sekip, Tanjung Rhu dan Pesisir. Dalam pelatihan hari pertama ini difokuskan terhadap pengkuruan kinerja BKM/LKM, Refiew Partisipatif, Memahami langkah-langkah Review Partisipatif dan Inidkator Capaian IDB yang disampaikan oleh Pemandu dari KMW (Totok Proyanto, SE dan Imam Asfahani, S.Ag), mengingat kebutuhan yang mendesak BKM/LKM setiap kelurahan harus sudah terealisasi kegiatan review partisipatif. Untuk melengkapi peningkatan kapasitas ini 9 hari kedepan disetiap kelurahan akan dikuatkan pelatihan madya oleh Tim Fasilitator melalui pelatihan maupun OJT untuk memperkuat kemampuan teknis peserta pelatihan.





Tidak ada komentar: