SELAMAT DATANG DI KMW 1 RIAU SILAHKAN FOLLOW TWITTER KAMI @kmw1riau
SILAHKAN KUNJUNGI JUGA TOKO ONLINE KAMI pdua-cafe

Rabu, 11 Agustus 2010

PELATIHAN KERAJINAN ROTAN KELURAHAN LIMBUNGAN

Kemampuan dan keterbatasan bukan halangan untuk maju, kemauan dan kerja keras bagian dari mendobrak sisi keterbatasan dan kemampuan. Mengilhami hal itu beberapa ibu-ibu di Kelurahan Limbungan Kelurahan Limbungan Kecamatan Rumbai Pesisir Kota Pekanbaru mulai berbenah diri tingkatkan kemampuan menjadi pendorong tumbuh dan berkembangnya rumah tangga. Keingiinan itu dirasakan oleh Ibu ELVI SUHENDRI di lingkungannya (RT.01/RW.08) mengingat hampir sebagian besar ibu-ibu di lingkungan perumahannya hanya sebagai ibu rumah tangga “Kami menyadari betul keterbatasan kami dalam meningkatkan ekonomi rumah tangga dan selama ini kami tergantung pada suami dan pendapatan itupun terbatas sedangkan kebutuhan banyak”. Untuk itu Ibu Elvi dengan beberapa ibu-ibu yang lain sepakat untuk mendobrak keterbatasan itu dengan membentuk KSM KREASI Yang difasilitasi oleh PNPM Mandir Perkotaan.
Menurut Koordinator BKM SINAR CAHAYA LIMBUNGAN (SABAR) : “Sebetulnya potensi daerah kami mendukung untuk peningkatan ekonomi masyarakat, namun kita semua disini kesulitan langkah dan seperti apa untuk mengelola tersebut dan kebetulan PNPM Mandiri Perkotaan masuk ke daerah kami. Melalui siklus yang dilaksanakan akhirnya kami semua terbuka semua permasalahan dan potensi untuk maju”.
Dalam rangka memacu pertumbuhan ekonomi masyarakat PNPM Mandiri Perkotaan mendorong kegiatan yang mendukung upaya peningkatan ekonomi melalui pengembangan usaha produktif. Menurut Koordinator BKM “Kami mencoba menangkap peluang dan keinginan masyarakat dan salah satunya KSM KREASI ROTAN dengan kegiatan Pelatihan Kerajinan Rotan yang dibiayai oleh BLM PNPM Mandiri Perkotaan sebanyak Rp.9.750.000 dan Swadaya : Rp.4.500.000”. Lanjutnya “Gayung bersambut ternyata ada salah satu pengusaha rotan dilingkungannya (Bapak Warman) mau berbagi ilmu dan mendukung upaya pemasaran hasil pelatihan ini melalui gerainya maupun dukungan kemudahan mendapatkan bahan baku rotan yang didatangkan dari Sumatera Barat”.
Harapan kedepan menurut Ketua KSM (Ibu Elvi Suhendri) “Mendapat dukungan penuh dari PNPM Mandiri Perkotaan maupun pemerintah kota dalam mengembangkan produksi yang telah berjalan, mengingat kita pernah mengikuti Pekanbaru Exspo dan semuanya habis terjual dengan hasil Rp.700.000 kami gulir untuk membeli bahan baku dan kami ingin kedepan dikelola secara baik seperti para pengusaha rotan yang sudah berjalan”.
Besar harapan itu merupakan keinginan mulia atas perubahan nasib dalam mendobrak sekat-sekat keterbatasan dalam mengakses kemudahan hidup.

Koordinator BKM SINAR CAHAYA LIMBUNGAN : SABAR (081365531893)
Ketua KSM KREASI ROTAN : ELVI SUHENDRI (081365454352)





Tidak ada komentar: