SELAMAT DATANG DI KMW 1 RIAU SILAHKAN FOLLOW TWITTER KAMI @kmw1riau
SILAHKAN KUNJUNGI JUGA TOKO ONLINE KAMI pdua-cafe

Rabu, 11 Agustus 2010

PTPN V WUJUDKAN POSYANDU KELURAHAN SAIL

Perubahan dukungan pendanaan PNPM Mandiri Perkotaan dari World Bank ke IDB berimplikasi bergesernya indikator capaian program. Salah satu indikator capaian adalah LKM menjadi Networking Institution, dimana kedepan LKM bisa berjejaring dengan seluruh komponen baik pemerintah daerah dan swasta secara mandiri. Untuk itu dalam masa pelaksanaan program setiap LKM didorong penuh untuk melakukan kemitraan, khusus Kota Pekanbaru LKM telah melakukan kemitraan dengan Pemerintah Kota melalui Program Pentaskin yang mendapatkan alokasi dana Rp.350.000.0000 bagi BKM/LKM yang telah mandiri sebagai mediasi penguatan kemitraan. Disadari bertul pentingnya LKM bisa bermitra secara mandiri, mengingat kedepan tidak hanya LKM tetapi KSM bisa bermitra pula.
Menangkap kebutuhan dan berawal dari sebuah keinginan warga, LKM Sail Sejahtera Kelurahan Sail Kecamatan Tenayan Raya Kota Pekanbaru mendorong KSM Berkah Bersama Swadaya melakukan kemitraan dengan PTPN V yang mempunyai program Bina Desa mewujudkan impian dan harapan warga Kelurahan Sail membangun Posyandu yang sangat dibutuhkan masyarakat. Posyandu yang diberi nama “Berkah Bersama Swadaya” ini dibangun melalui PNPM Mandiri Perkotaan seluas 7m x 7m diatas lahan seluas 10m x 10m yang berawal dari lahan kosong komplek mesjid dan di fungsikan untuk posyandu.
Menurut Ketua KSM Berkah Bersama Swadaya (Bapak Amirudin) : “Posyandu ini merupakan usulan masyarakat RW.20 melalui PNPM Mandiri Perkotaan dari siklus demi siklus yang dilaksanakan, Allhamdulilah tidak lama kita mengusulkan langsung direalisasikan. Kebetulan juga salah satu warga disini ada yang mengupayakan bisa kerja sama dengan PTPN V melalui program bina desanya. Jadi akhirnya PNPM Mandiri Perkotaan dan PTPN V bisa bermitra mewujudkan pembangunan Posyandu”.
Peruntukan dana yang diterima oleh KSM dalam membangun posyandu dari PNPM Mandiri Perkotaan sebanyak Rp.12.000.000, PTPN V sebanyak Rp.15.000.000 dan swadaya masyarakat Rp.23.407.000. Khusus untuk alokasi dari PTPN V diperuntukan pengadaan atap terdiri rangka atap tembaga, plavon dan genting tembaga.
Kedepan Posyandu ini akan dikembangkan tidak hanya untuk fasilitas kesehatan masyarakat, tetapi juga untuk kepentingan masyarakat bersama lainnya seperti ruang pertemuan warga dan akan diresmikan oleh Walikota Pekanbaru.

Tidak ada komentar: