SELAMAT DATANG DI KMW 1 RIAU SILAHKAN FOLLOW TWITTER KAMI @kmw1riau
SILAHKAN KUNJUNGI JUGA TOKO ONLINE KAMI pdua-cafe

Rabu, 08 Desember 2010

MELALUI KELAPA MERAJUT NAFKAH, MEMBERI BERKAH - KELURAHAN BAGAN KELADI

Kelurahan Bagan Keladi merupakan salah satu kelurahan di Kota Dumai yang mempunyai potensi dibidang pertanian, sebagian besar hamparan lahan tertanam jenis-jenis pertanian dari mulai jagung, cabai dan varian pertanian lainnya. Dukungan potensi ini merupakan kontribusi terbesar pemasaran bidang pertanian untuk Kota Dumai adalah dari kelurahan Bagan Keladi.
Menangkap potensi pasar dan dukungan sumber daya alam inilah yang menjadi dasar BKM Bagan Keladi Mandiri mewujudkan kegiatan berbasis pertanian, salah satu yang dikembangkan adalah Pelatihan Serabut Kelapa dengan KSM Bima Sakti. Kegiatan pelatihan ini merupakan prioritas khususnya di bidang sosial dengan alokasi anggaran dari BLM PNPM Mandiri Perkotaan (APBD) 66.250.000 dan swadaya masyarakat sebesar 40.000.000
Menurut Ketua KSM Bima Sakti (Bapak Sutiman) “Potensi sumber daya alam seperti banyaknya perkebunan kelapa inilah yang menjadi dasar kami berusaha memberanikan diri untuk melaksanakan kegiatan Serabut kelapa ini”.
Kegiatan pelatihan Serabut ini diikuti oleh 13 orang yang merupakan warga sekitar dengan mata pencaharian bertani dan masuk dalam KK miskin. Dengan kegiatan ini diharapkan peserta yang mengikuti pelatihan ini akan menjalankan dan mengelola usaha kedepan. Produk-produk yang dihasilkan diantarnya adalah Tamparan atau tambang besar untuk tali kapal dan Keset yang merupakan produk awal. Kedepan seiring berjalannya usaha ini kreasi-kreasi produk akan dikembangkan sesuai dengan permintaan pasar. Mengingat produk-produk yang sudah jadi sudah tersedia mitra yang akan memasarkan di Medan.
Menurut salah satu anggota BKM (Bapak Misdi) “Kegiatan ini merupakan bagian dari kebijakan BKM untuk mendukung pengentasan kemiskinan di Kelurahan Bagan Keladi, kegiatan ini juga sangat menunjang kegiatan ekonomi masyarakat yang nantinya diharapkan akan berdampak peningkatan ekonomi masyarakat yang sebagian besar penduduk disini adalah bertani”.
Kegiatan ini ternyata mendapat respon dan perhatian dari pihak swasta khususnya PT. Chevron Pacific Indonesia - Dumai yang sangat konsen terhadap pembangunan ekonomi lokal masyarakat, melalui CSR yang dibinanya tahun 2011 kegiatan yang dibina oleh PNPM Mandiri Perkotaan akan mendapat dukungan penuh untuk peningkatan kapasitas produksi melalui bantuan pendanaan pengadaan alat yang lebih bervariasi. Dengan dukungan ini pula diharapkan kreatiftas produksi beragam sesuai dengan trend dan minat pasar yang dibina oleh KSM melalui mitra pemasaran yang sudah dibina selama ini.
Dengan berjalan dan kontibusi yang bagus bagi perekonomian masyarakat, kedepan dengan manfaat Serabut kelapa ini BKM Bagan Keladi Mandiri akan mengadakan pelatihan Jamur Tiram melalui ketersediaan sumber daya alam dan sumber daya manusia menjadi kekuatan besar untuk mewujudkan kegiatan-kegiatan berbasis pertanian dengan mengusung konsep development livelihood dalam mewujdukan kesinambungan hidup dan perekonomian masyarakat ditengah-tengah potensi alam dan kultur masyarakat Kelurahan Bagan Keladi.

KONTAK PERSON :
SUTIMAN - Ketua KSM Bima Sakti (085278817911)
M. AGUS - Koordinator BKM (081365748273)
RUDI ROSYIDI, S.Ag - Korkot 2 (081378448234)


Tidak ada komentar: