SELAMAT DATANG DI KMW 1 RIAU SILAHKAN FOLLOW TWITTER KAMI @kmw1riau
SILAHKAN KUNJUNGI JUGA TOKO ONLINE KAMI pdua-cafe

Selasa, 11 Oktober 2011

LOBI DAN SILATURAHMI ERATKAN KOMITMEN KEBIJAKAN NANGKIS PEMERINTAH KOTA DUMAI

Berawal dari kerjakeras dan tanpa henti dari Korkot-2 dan beberapa BKM/LKM melakukan pendekatan-pendekatan intensif kepada pemuka pengambil kebijakan Pemerintah Kota Dumai, dihasilkan satu peluang dan kesempatan yang bagus dalam membangun komitmen awal dalam penanggulangan kemiskinan. Melalui komunikasi intensif dengan Wakil Walikota Dumai (Bapak H. Agus Widayat, MM) menjadi tonggak terbangunnya kesepahaman yang sejak awal selalui dirintis oleh Korkot-2.
Pada pertengahan Juli yang lalu Korkot dan beberapa BKM/LKM melakukan silaturahmi/kunjungan ke rumah dinas Wakil Walikota Dumai selaku Ketua TKPK Bapak Dr. H. Agus Widayat, MM, dalam kunjungan tersebut dibicarakan tentang perkembangan pelaksanaan PNPM Mandiri Perkotaan di Kota Dumai yang saat ini sudah memasuki tahun ke-4. Wakil walikota menyampaikan bahwa “Program PNPM Mandiri Perkotaan harus selaras dan sejalan dengan Visi dan misi Program Pemerintah Kota Dumai yang juga konsen dalam upaya penanggulangan kemiskinan”. Seperti diketahui Visi Walikota Dumai adalah : “Terwujudnya Kota Dumai Sebagai Pusat Pelayanan ”Pengantin” (Pelabuhan, Perdagangan ,Tourism dan Industri) yang ”Berseri” (Bersih, Semarak, Rukun dan Indah) di Kawasan Pantai Timur Sumatera Sebagai Penggerak Kemajuan Ekonomi dan Budaya Melayu yang Agamis menuju Dumai Kota ”Sehat ” (Sejahtera, Harmonis, Aman dan Tertib ) pada Tahun 2020”.
Untuk itu Wakil Walikota berharap agar PNPM Mandiri Perkotaan senantiasa berkoordinasi dengan Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan (TKPK) Kota Dumai dibawah kendali Wakil Walikota. Kepada Korkot Wakil Walikota meminta dikonsepkan sebuah bentuk program yang bisa memberi dampak positif secara langsung bagi masyarakat miskin. Setelah berbagai komunikasi dan koordinasi intensif Wakil Walikota dan Korkot dilakukan didapat peluang untuk mengaplikatifkan kebijakan TKPK, akhirnya mengambil kebijakan untuk melakukan “Program Pemberian Bantuan Modal Bagi KK Miskin di Kota Dumai” yang bekerjasama dengan PNPM Mandiri Kota Dumai.
Program ini merupakan bagian dari implementasi kebijakan nangkis yang terintegrasi dengan PNPM Mandiri Perkotaan, melalui dana hibah yang bersifat produktif (setelah warga miskin mendapatkan dana hibah ini mereka bisa meningkatkan kesejahteraan melalui usaha produktif dengan konsep “Pengembangan Ekonomi Lokal Berbasis Potensi Sumber Daya Lokal”). Dana hibah yang dialokasikan oleh pemerintah kota sebesar Rp.750.000.000 difokuskan untuk meningkatkan kesejahteraan 300 KK miskin yang di peruntukan khusus bagi warga miskin yang memiliki kemampuan dan keinginan untuk berwirausaha disegala sektor seperti : perikanan, peternakan, pertanian atau perdagangan.
Untuk merealisasikan program ini, Wakil Walikota Dumai mengundang khusus Korkot-2 untuk melakukan diskusi terkait teknis pelaksanaannya, pada tanggal 14 September 2011 bertempat di Kantor Lurah Bukit Datuk Bapak Wakil Walikota beserta Lurah Bukit Datuk, Ketua LPMK Bukit Datuk, Koordinator BKM Sejahtera Mandiri Kelurahan Bukit Datuk serta beberapa tokoh masyarakat yang hadir, Bapak Wakil Walikota meminta agar program ini berada langsung di bawah pengendalian tim PNPM Mandiri Perkotaan. Pengambilan kebijakan ini menurut Bapak Wakil Walikota didasarkan PNPM Mandiri Perkotaan sudah memiliki pengalaman di dalam mengorganisir masyarakat melalui pemberdayaan masyarakat dan memiliki jaringan luas di setiap Kelurahan/Desa mlalui BKM/LKM yang sudah terbentuk sebagai motor penggerak di masyarakat dalam penanggulangan kemiskinan.
Untuk itu Bapak Wakil Walikota meminta kepada tim pendamping PNPM Mandiri Perkotaan di Kota Dumai agar melakukan verifiaksi data miskin sejumlah 300 KK yang sudah ada di data base kemiskinan Pemerintah Kota Dumai sebagai langkah awal dalam mem-Validasi data yang akurat dan tepat sasaran selama waktu kurang lebih dua minggu untuk mendata calon pemanfaat hibah produktif dari TKPK kepada Tim Korkot. Korkot-2 beserta segenap Tim Faskel segera menindaklanjutinya dengan cara melakukan verifikasi dan penilaian kepada BKM yang dianggap bagus sehingga layak untuk menerima bantuan dari Pemko, akhirnya terpilihlah 15 BKM/LKM se - Kota Dumai yang diambil dari 5 Kecamatan. Data pemanfaat ini juga diverifikasi oleh BKM bekerja sama dengan Lurah dan RT.
Setelah data ini ter-verifikasi dengan baik mulai : nama, alamat tinggal, jumlah tanggungan, pekerjaan serta jenis usaha yang diminati, Korkot-2 menyerahkan kepada Wakil Walikota Dumai untuk segera di SK-kan melalui SK walikota. Pembicaraan terakhir dengan Wakil Walikota, alokasi dana untuk hibah produktif ini harus menunggu APBD Perubahan yang akan di perkirakan cair di pertengahan Oktober.
Bapak Wakil Walikota berharap jika program ini berjalan akan dikoordinasikan dengan masing-masing SKPD agar memberi dukungan teknis terhadap pengembangan usaha masyarakat miskin tersebut, diantaranya Dinas UKM, Koperasi dan Pemberdayaan Masyarakat, Dinas Pertanian, Dinas Peternakan, Perikanan & Kelautan serta dinas lainnya. Apabila ini berhasil harapannya akan menumbuhkan perekonomian masyarakat yang pada akhirnya dapat menekan angka kemiskinan di Kota Dumai yang saat ini mencapai kurang lebih 8.500 KK. Program ini juga akan menangkap momentum penting yaitu peringatan Hari Nusantara pada Bulan Desember 2011 di Kota Dumai, dimana rangkaian kegiatan yang akan dilakukan Pemko Dumai salah satunya yaitu bakar ikan terpanjang di Indonesia yang diharapkan akan mendapatkan rekor MURI. Dengan kegiatan ini pula, diharapkan ikan yang dibeli merupakan hasil panen ikan kelompok masyarakat yang menerima bantuan hibah ini.
Membangun “kepercayaan” tidaklah mudah, namun ketidak mudahan dalam membangunnyamenjadi sebuah kebanggan atas hasil jerih payah yang telah dilakukan dalam menggapainya. Semakin mendapat “kepercayaan”, maka dipastikan “kepercayaan” lain akan bermunculan dan menghampiri. Dan kegiatan ini menjadi bagian awal dan penting dalam membangun kepercayaan antara PNPM Mandiri Perkotaan dan Pemerintah Kota Dumai.

Alamat Korkot :
Jl. Sukosari Gg Rambu Raya RT 26 Kel. Bukit Datuk, Kec. Dumai Barat - Dumai
Kontak Person :
BUKHARI SANTOSO (Koordinator BKM Sejahtera Mandiri) : 081275877713
RUDI ROSYIDI, S.Ag (Korkot-2) : 081378448234
Penulis :
RUDI ROSYIDI, S.Ag (Korkot Dumai & Bengkalis) – 081378448234 & email : rudi_rosyidi@yahoo.co.id

Tidak ada komentar: