SELAMAT DATANG DI KMW 1 RIAU SILAHKAN FOLLOW TWITTER KAMI @kmw1riau
SILAHKAN KUNJUNGI JUGA TOKO ONLINE KAMI pdua-cafe

Rabu, 11 Agustus 2010

LKM & LPM SEPAKAT BANGUN LEMBAH DAMAI

Meyakini mampu dan bisa menjadi filosofi kekuatan seluruh pihak dalam mengembangkan ide, gagasan dan kreatifitas dalam membangun lingkungannya. Kalimat tersebut tidak menjadi mutlak absolut tetapi menjadi sebuah kenyataan mewujudkan segala mimpi dan harapan dalam mewujudkan keinginan. Banyak sejarah dan kisah telah membuktikan keyakinan memberikan ilham beberapa individu atau kelompok masyarakat dalam pembangunan di Indoensia. Terkait dengan itu dorongan semangat warga menjadi pesan moral bagi beberapa kelompok berusaha keras mewujudkan impian dan harapan melalui perencanaan-perencanaan yang sudah diwujudkan masyarakat. Hal ini juga berlaku penuh di Kelurahan Lembah Damai Kecamatan Rumbai Pesisir Kota Pekanbaru melalui PNPM Mandiri Perkotaan kelembagaan kolektif yang telah dibentuk LKM LEMBAYUNG PERKASA Sebagai wadah membangun kapital sosial telah berhasil menggugah gairah masyarakat berjibaku melalui gotong royong dalam merealisasikan kegiatan PJM Pronangkis kelurahan. Hari Minggu tanggal 1 Agustus 2010 merupakan bagian awal cerita pembangunan posyandu, yang memulai aktifitas dengan membuka lahan. Menurut salah satu pengurus UPL (SUNARDI) “Kegiatan ini merupakan awal rangkaian pembangunan posyandu dengan dengan alokasi anggaran dari PNPM Mandiri Perkotaan sebesar 36 juta dan swadaya sebesar 25 juta berupa hibah tanah dan bisa saja nanti pada waktunya nilai swadaya menjadi besar seiring dengan antusiasme masyarakat dan hari ini kita lihat masyarakat bahu membahu membantu membuka dan membersihkan lahan untuk posyandu”. Senada dengan itu Koordinator LKM (SUKATWAN) menyatakan “Kami merasa bersyukur kehadiran kami sebagai lembaga kolektif mendapat respon positif dari masyarakat dan kita bisa buktikan pada hari ini banyak masyarakat yang membantu mengawali pembangunan posyandu melalui PNPM Mandiri Perkotaan. Dengan PNPM Mandiri Perkotaan ini kami mencoba membangkitkan kembali nilai-nilai gotong royong yang menjadi kekuatan masyarakat dalam membangun”. Dukungan penuh atas keterlibatan partisipatif dalam pembangunan di Kelurahan Lembah Damai menajadi ilham menyatunya seluruh kekuatan membangun semangat sinergis, untuk itu LPM sebagai kelembagaan yang mengakar di kelurahan memulai menangkap kebutuhan ini. Menurut Ketua LPM (PUJI DARYANTO) “Kami mulai menyadari pentingnya kebersamaan ini dan kami mewakili seluruh masyarakat mendukung sekali kegiatan PNPM Mandiri Perkotaan dengan mencoba mengusahakan sinergitas semua perencanaan di tingkat kelurahan baik musrenbang maupun PJM Pronangkis yang lebih terarah dalam pembangunan di kelurahan ini”.
Dalam rangka merealisasikan sinergis kelembagaan dan perencanaan, kedepan LPM mendorong LKM menjadi lembaga yang bisa mengapresiasi berbagai program yang masuk ke Kelurahan Lembah Damai dan mencoba membuka wacana penambahan Unit Pengelola Perkim dibawah LKM, mengingat pengelolaan program ini akan diserahkan langsung untuk dikelola oleh LKM.
Koordinator LKM LEMBAYUNG PERKASA : SUKATWAN (08I275641963) Ketua LPM Kelurahan Lembah Damai : PUJI DARYANTO (081380626234)





Tidak ada komentar: